Yang Harus Diperhitungkan Saat Memasang Solar Sel di Rumah

Solar Sel

Kini, semakin banyak orang yang mempelajari tentang solar sel sebagai salah satu cara untuk mendapatkan energi yang ramah bagi lingkungan. Kesadaran masyarakat akan energi terbarukan semakin tinggi sehingga semakin banyak yang mencoba untuk membangun rumah yang lebih ramah lingkungan dengan cara memakai panel surya mengingat banyaknya sinar matahari yang bisa kita terima sepanjang tahun. Banyak pakar yang bahkan menyebutkan jika dalam beberapa puluh tahun ke depan, panel surya akan menjadi sumber energi utama alih-alih bahan bakar batubara sebagaimana yang dipakai oleh penyedia listrik nasional.

Kemajuan teknologi membuat kita kini tidak perlu membutuhkan solar sel dalam ukuran yang sangat besar demi mendapatkan pasokan listrik yang mencukupi kebutuhan listrik untuk satu rumah. Tahukah anda, dengan panel berukuran kurang dari 10 meter persegi saja kita sudah cukup mendapatkan daya listrik untuk kebutuhan sehari-hari. Panel surya ini bisa diinstal pada atap rumah dimana setiap energi yang dihasilkan bisa disimpan di dalam aki. Dari aki inilah kita bisa mendapatkan energi untuk lampu dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Di pasaran, kita bisa menemukan panel solar sel yang ditempatkan di atap dengan ukuran 1 meter persegi dimana panel surya ini bisa menghasilkan setidaknya 100 watt energi setiap harinya. Harganya? Cukup dengan Rp. 2 juta saja. Padahal, dengan panel surya dengan ukuran 160 cm x 100 cm x 3,5 cm, kita bisa memasang lima solar panel dan mendapatkan energi listrik 1000 watt setiap harinya. Harga pemasangan energi tersebut? Sekitar Rp 26 juta. Meskipun terlihat mahal, kini banyak penyedia panel surya yang menggratiskan biaya pemasangan sehingga kita tidak perlu menambah biaya lagi, mengingat setelah terpasang, praktis kita hanya perlu membiayai perawatan yang cenderung cukup murah.

Hanya saja, harap diingat bahwa posisi atap juga harus diperhitungkan mengingat sebaiknya atap yang dipakai untuk pemasangan panel surya agak landai dan tidak terlalu curam. Semakin curam atap rumah, maka semakin sulit pula panel surya ini dipasang.

Loading...