Tentang Pompa Submersible Elektrik

Submersible Pump

Banyak orang yang menyebut pompa submersible dengan sebuatan electric submersible pump atau yang disingkat dengan ESP. Mereka yang bekerja di dunia industri banyak yang mengaplikasikan jenis pompa ini mengingat pompa ini telah dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi berbagai kebutuhan pemindahan fluida yang sangat penting. Seringkali, pompa yang juga memiliki nama lain pompa benam ini ditempatkan di dalam fluida agar bisa bekerja dengan baik. Karena alasan inilah pompa ini cedernung tertutup rapat dimana berbagai komponen layaknya motor berada di dalam casing.

Pompa submersible bekerja dengan cara mendorong fluida menuju ke arah yang dikehendaki, hal ini tentu berbeda dengan cara kerja pompa lainnya yang cenderung menyedot pompa. Karena kinerja yang unik inilah banyak dunia industri mengaplikasikan pompa ini karena mempertimbangkan faktor efisiensi. Electrical sumersible pump sendiri biasanya dipakai dalam posisi yang vertical dimana fluida akan diputar oleh komponen impeller dengan rotasi yang sangat tinggi sehingga pada akhirnya mengalami gaya sentrifugal sehingga fluida pun akan segera didorong ke tujuan dengan efisien.

Dalam dunia industri sendiri, pompa submersible elektrik ini banyak digunaan untuk berbagai keperluan, khususnya di bidang industri pompa umum, pemompaan fluida yang berat layaknya lumpur, atau bahkan kebutuhan drainase di berbagai tempat. Dalam beberapa kasus, pompa benam juga dipakai sebagai filter kolam untuk industri pariwisata. Namun, untuk pompa benam bertipe bertingkat biasanya banyak dipakai pada sumur bor layaknya sumur air artesis untuk kebutuhan rumah tangga hingga sumur minyak industri. Selain itu, industri lain layaknya pengboran lepas pantai, pemadam kebakran, pengelolaan limbah, dewatering tambang, sistem irigasi, hingga penanganan air laut juga banyak yang memakai pompa yang handal ini.

Loading...