Teknologi Solar Sel Juga Bisa Digunakan Untuk Persawahan

motive neo solar system

Apa yang terpikirkan jika kit mendengar kata solar sel? Sebuah teknologi ramah lingkungan yang bisa digunakan di rumah-rumah, gedung, atau stadion, hingga jalan raya? Dalam realitanya, penggunaan panel surya sangatlah banyak dan tidak hanya berkaitan dengan modernisasi saja. Penggunaan energy matahari juga bisa diaplikasikan pada hal-hal sederhana layaknya di area persawahan. Apa sajakah penggunaan dari panel surya ini di area persawahan.

Sebagai Negara yang kaya akan sinar matahari sepanjang tahun, tentu akan kurang bijak jika kita tidak memaksimalkan sumber energy yang luar biasa ini. Apalagi, melihat fakta bahwa banyak area persawahan yang memiliki masalah besar dalam mendapatkan pasokan air irigasi. Dengan memakai teknologi solar sel, maka kita tentu akan bisa membuat semacam pompa air bertenaga surya yang bisa membuat sawah-sawah bisa dialiri air-air yang berasal dari sungai yang cukup jauh, atau bahkan sumur yang cukup dalam.

Penggunaan pompa air dengan teknologi solar sel ini tentu akan sangat berguna bagi para petani untuk mendapatkan pasokan air yang cukup untuk tanamannya. Bagaimana tidak, dengan penggunaan pompa air tenaga surya yang bisa beroperasi setidaknya 8 jam per hari secara otomatis begitu mendapatkan sinar matahari ini, tentu air tidak akan menjadi masalah lagi bagi pertanian.

Meskipun bisa memakai tenaga baterai untuk menyimpan energy listrik, banyak pakar yang tidak merekomendasikannya dan justru lebih menyarankan penggunaan tandon penyimpanan air dalam skala besar yang akan membuat air tidak terbuang percuma andai kita tidak benar-benar membutuhkannya.

Saat membangun pompa air tenaga surya untuk persawahan, kita harus memposisikan pompa di area yang pas agar bisa mengaliri area persawahan dengan efektif. Perhatikan sumber air, jarak, dan ketinggian sehingga kita bisa memilih desain yang pas dan anggaran yang tepat bagi kesejahteraan area persawahan kita.

Loading...