Stadion Olahraga Kini Juga Banyak Memakai Solar Sel

motive neo solar system

Penggunaan solar sel kini tidak hanya terbatas pada lampu-lampu jalan, gedung pemerintahan, atau bahkan di rumah-rumah penduduk sebagaimana yang banyak diinginkan oleh banyak orang. Kini, banyak sekali fasilitas umum yang juga memakai panel surya. Kita bisa memberikan contoh dimana banyak stadion olahraga, khususnya yang diperuntukkan bagi sepakbola memakai panel surya sebagai sumber energy utamanya. Selain mempertimbangkan efektifitas dan murahnya biaya mendapatkan energy, keramahan pada lingkungan menjadi pertimbangan lain mengapa banyak stadion yang memakai panel surya ini.

Salah satu stadion terkenal yang memakai solar sel sebagai sumber energy utamanya adalah Estadio Minierao yang berada di Brasil. Stadion sepakbola yang memiliki kapastias 58.170 kursi ini cukup dikenal luas pecinta olahraga sebagai saksi bisu kekalahan dramatis Brasil dari Jerman dengan skor mencolok 1-7 di Semifinal Piala Dunia 2014 lalu. Stadion yang dibangun dengan biaya 16,1 juta US Dollar ini ternyata dilengkapi dengan ribuan panel surya yang membuatnya mampu memenuhi energinya secara mandiri.

Stadion yang pada awalnya dibangun pada 1965 ini direnovasi pada tahun 2012 dan memang sudah dirancang sedemikian rupa sebelum mengalami renovasi untuk mendapatkan asupal listrik utama dari penggunaan solar sel. Alhasil, ada 6 ribu panel surya yang dipasang mengelilingi seluruh atap stadion yang memiliki nama lain Estadio Governador Magalhaes Pinto ini. Dengan adanya banyak sekali panel surya yang terpasang, alhasil stadion ini mampu memproduksi energy listri sebanyak 1.600 MW! Jumlah ini sama dengan kebutuhan listrik untuk 1.200 rumah tinggal. Tak hanya mampu memenuhi kebutuhan energy stadion, stadion ini juga mampu memenuhi kebutuhan listrik di sekitar stadion ini. Hal ini berarti, selain ramah lingkungan, masyarakat yang tinggal di sekitar stadion pun mendapatkan keuntungan berupa adanya energy listrik yang murah yang bisa mereka dapatkan dari stadion ini.

Loading...