Solar Sel yang Semakin Diminati Masyarakat

Solar Sel

Kini, semakin banyak orang yang menyadari akan pentingnya sumber energy terbarukan sehingga melirik peralatan solar sel atau panel surya. Jika pada jaman dahulu panel surya dianggap sebagai sesuatu yang mahal dan sulit untuk diterapkan, kini harga panel surya cenderung semakin terjangkau sehingga bisa dijadikan solusi untuk masyarakat yang ingin mendapatkan sumber energy listrik yang murah dan aman. Tahukah anda jika kini kita bisa memasang panel surya dengan ukuran kurang dari 10 meter persegi untuk rumah kita jika ingin mendapatkan energy yang cukup seharian?

Dewan Energi Nasional menyebutkan jika dalam 10 tahun terakhir, harga solar sel cenderung menurun hinggai 90 persen lebih urah. Kini, kita bahkan bisa memasang panel surya di dalam rumah kita sendiri dengan harga mulai Rp 2 juta untuk setiap meter persegi panel surya yang bisa dipasang di atap rumah. Meskipun terlihat masih mahal, namun jika kita memperhitungkan biaya penggunaan energy yang hampir 0 rupiah. Maka harga ini tentu akan menjadi pilihan yang menarik bukan? Untuk setiap 1 meter persegi solar sel sendiri kita sudah bisa mendapatkan listrik sebesar 100 watt. Bayangkan, berapa banyak lampu yang sudah bisa kita nyalakan hanya dengan panel surya dengan ukuran yang kecil ini.

Perusahaan listrik Negara sendiri mulai menyarankan warganya untuk memasang panel surya di rumah-rumah pribadi dengan harapan produksi listrik bisa terbantu. Bahkan, andai rumah-rumah memiliki kelebihan pasokan energy listrik, PLN mau membelinya dengan harga yang menguntungkan. Tak hanya itu, area perkantoran dan juga fasilitas jalan raya kini juga mulai melirik penggunaan panel surya karena dianggap sebagai alternatif energy ramah lingkungan yang efektif mengingat kita bisa dengan mudah mendapatkan cahaya matahari sebagai sumbernya.

Loading...