Solar Sel Kini Semakin Banyak Dipakai di Lampu Jalan

Solar Sel

Jika kita mau mencermati lampu-lampu jalan, khususnya yang ada di kota besar, maka kita akan menemukan lampu-lampu tersebut memakai pembangkit energy solar sel. Kita bisa melihat panel surya yang biasanya berbentuk persegi di bagian atas lampu jalan. Sebagaiman kita ketahui, panel surya memakai energy cahaya matahai sebagai sumber energy yang pada akhirnya mampu digunakan untuk menyalakan lampu jalan, khususnya di malam hari. Banyak pakar yang menyebutkan jika penggunaan panel surya untuk lampu jalan ini sebagai hal yang cerdas dan bisa menghemat banyak hal.

Bagaimana tidak, penggunaan solar sel setidaknya akan memberikan kita solusi akan lampu jalan yang bisa berdiri sendiri, yakni memakai tenaga sendiri untuk menyalakan lampunya. Kita pun tidak akan perlu repot-repot menarik kabel panjang mengingat energinya sudah bisa diproduksi pada lampu jalan itu sendiri. Hal ini berarti, penggunaan panel surya ini akan menjadi solusi yang tepat bagi lampu-lampu jalan yang ada di area terpencil dimana jaringan listrik masih belum mampu mencapainya.

Tak perlu khawatir tentang sumber energinya mengingat Indonesia termasuk Negara yang kaya akan cahaya matahari hampir sepanjang tahun. Penggunaan solar sel ini juga akan sangat menguntungkan mengingat panel surya bisa dipakai hingga 25 tahun lamanya. Cukup dengan memakai rangkaian khusus dan adanya sensor yang bisa membuat lampu mulai menyala tatkala kondisi lingkungan sudah cukup gelap, maka lampu jalan bisa segera menyala. Penggunaan panel surya ini sendiri bisa diaplikasikan pada berbagai lampu jalan, dari yang memiliki ketinggian 7 meter atau bahkan 9 meter.

Tak hanya untuk kebutuhan jalan raya, kini panel surya juga dipertimbangkan sebagai sumber energy untuk area jalan raya lainnya layaknya halte bus, pompa bensin, penerangan pada tempat parkir, atau bahkan lampu lalu lintas. Sumber energy ramah lingkungan ini sepertinya akan menjadi solusi energy terbaik di masa depan.

Loading...