Solar Sel, Cara Murah Mendapatkan Listrik Setiap Hari

motive neo solar system

Anggota Dewan Energi Nasional bernama Rinaldy Dalimy mengungkapkan jika solar sel adalah salah satu kemajuan teknologi yang bisa kita maksimalkan untuk mendapatkan energi listrik untuk berbagai kebutuhan. Menurut Rinaldi, jika kita jeli, kita bisa memaksimalkan panel surya yang berukuran kurang dari 10 meter persegi pada atap rumah dan kita pun sudah mampu memenuhi kebutuhan listrik dari tenaga matahari setiap harinya. Padahal, kita tinggal di negeri dimana sinar matahari adalah hal yang sangat mudah didapatkan setiap harinya.

Pada jaman dahulu, kita akan membutuhkan panel surya atau solar sel dengan jumlah yang sangat banyak dan tempat yang sangat luas hanya untuk mendapatkan listrik yang kita butuhkan. Beruntung, kemajuan teknologi bisa membuat biaya listrik dari tenaga surya ini menurun hingga 90 persen dalam satu dekade terakhir, dimana  untuk panel surya dengan ukuran 1 meter persegi bisa dibeli dengan harga mulai sekitar Rp 2 juta saja. Produksi dari satu meter persegi panel surya saja sudah cukup untuk menghasilkan 100 Watt energi listrik. Hal ini berarti, kita tinggal menambah beberapa meter persegi panel surya lagi dan kita sudah bisa memenuhi kebutuhan listrik harian rumah tangga kita.

Negara-negara maju layaknya Jepang dan Australia sudah cukup lama mengaplikasikan solar sel sebagai sumber energi terbarukan yang telah dipasang di berbagai penjuru negeri. Bahkan, kini pemerintah Malaysia juga mulai mendorong masyarakatnya untuk memakai panel surya untuk kebutuhan rumah tangga atau perkantoran. Rinaldy pun berharap agar masyarakat Indonesia mulai mempertimbangkan penggunaan sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan ini. Selain itu, pemerintah juga diharapkan mulai berperan aktif dalam mengatur harga panel surya agar semakin mudah dijangkau oleh masyarakat sehingga penggunaan energi dari panel surya pun bisa semakin meluas.

Loading...