Sebenarnya, Kapankah Pompa Awalnya Ditemukan?

butterfly valve wafer type

Membicarakan pompa yang handal untuk digunakan bagi kebutuhan sehari-hari, kita tentu tidak akan bisa lepas dari vansan Indonesia. Bagaimana tidak, vansan Indonesia dikenal luas sebagai penyedia pompa yang bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Sebagaimana kita ketahui, pompa-pompa yang dipergunakan masyarakat tidak hanya terbatas pada pompa-pompa air yang dipakai untuk kebutuhan air sehari-hari. Berbagai keperluan industri dan juga fluida yang perlu dialirkan tentu membutuhkan beragam jenis pompa. Namun, sebenarnya, dibalik keberagaman pompa modern, sebenarnya kapankah pompa pada awalnya ditemukan?

Jauh sebelum menjadi pompa-pompa handal yang ada di vansan Indonesia, pompa pada awalnya ternyata ditemukan pada tahun 1174 oleh seseorang bernama Al-Jazari. Al-Jazari sendiri tinggal di area Mesopotamia, atau yang kini disebut sebagai negara Iraq. Beliau memang dikenal luas sebagai ahli teknik pada jamannya dan bahkan dianggap sebagai pemimpin insinyur di kala itu. Al-Jazari mencari solusi bagi kondisi yang kering nan tandus di negaranya sehingga Ia pun mencari cara agar air yang berada di tempat yang jauh atau dalam bisa dialirkan dengan mudah untuk kebutuhan orang banyak. Ia pun mengembangkan semacam pompa kuni yang disebut dengan shaduf dan shaqiya yang merupakan balok panjang dan mesin dengan mekanisme gerak berbasis tenaga hewan menjadi semacam pompa yang memakai roda gigi dan engkol sebagai dasarnya. Mesin inilah yang dikenal luas sebagai pompa pertama yang mampu memasok air dalam jumlah yang sangat banyak.

Al-Jazari kemudian mengembangkan mesin ini agar tetap berputar terus menerus dan Ia pun menulisnya dalam buku yang disebut sebagai al-Jami Bain al-Ilm Wal ‘Aml al-Nafi Fi Sinat ‘at al-Hiyal, yang memperlihatkan banyak hal rinci beserta gambar-gambar pompa pertama yang dikenal oleh dunia.

Loading...