Rumah Juga Bisa Memakai Solar Sel Sebagai Sumber Energi Listrik

motive neo solar system

Pernah mendengar tentang solar sel atau panel surya? Kita tentu akan berpikir tentang sebuah pembangkit listrik yang memakai sinar matahari untuk mendapatkan energy listrik. Panel surya sendiri bisa kita temui di sebagian lampu jalan atau di beberapa bangunan. Panel surya adalah salah satu pembangkit listrik yang dianggap sangat ramah lingkungan dan bisa menyediakan energy listrik dengan biaya yang cenderung murah. Yang menjadi pertanyaan adalah, mungkinkah kita memakai panel surya sebagai solusi akan kebutuhan listrik di rumah kita?

Banyak masyarakat yang kurang puas dengan penyediaan listrik dari Negara. Memang, harga listrik bagi sebagian orang masih dianggap terjangkau. Hanya saja, ada kemungkinan terjadinya pemadaman yang bahkan terkadang bisa terjadi dalam waktu yang lama tanpa alasan yang jelas, tentu akan mengganggu aktifitas harian kita. Karena alasan inilah kita bisa memakai solar sel sebagai solusi akan mendapatkan energy listri di dalam rumah.

Tahukah anda jika penyediaan listrik di Indonesia masih melibatkan bahan baku berupa batubara? Hal ini berarti, penyediaan listrik di tanah air masih kurang ramah lingkungan mengingat banyaknya emisi karbon yang mengotori langit kita. Karena alasan inilah banyak orang yang berpikir jika panel surya mungkin menjadi jawaban akan pembangkit listrik yang ramah lingkungan.

Memang, harga panel solar sel yang ada di pasaran masih cenderung sangat mahal. Padahal, kita juga membutuhkan luas panel yang cukup lebar untuk bisa memenuhi kebutuhan listrik di dalam rumah yang meliputi banyak sekali peralatan elektronik. Namun, para pakar energy menyebukan jika meskipun biaya pemasangan di awal akan cukup mahal, kita sedang melakukan invenstasi untuk bertahun-tahun ke depan dimana kita tidak perlu membeli energy listrik setiap saat dengan memakai panel surya.

Ingatlah bahwa kita memiliki sumber energy berupa sinar matahari yang sangat banyak. Bahkan, andai kita di musim hujan sekalipun, kita pasih mendapatkan banyak sekali sinar matahari. Hal ini berarti, panel surya bisa kita jadikan pilihan yang menarik jika kita ingin mendapatkan sumber listrik mandiri yang ramah lingkungan.

Loading...