Pompa Vansan Indonesia Dipakai Untuk Berbagai Keperluan Irigasi

drf20

Begitu banyak variasi penggunaan pompa-pompa dari vansan Indonesia. Salah satunya adalah pada keperluan irigasi. Jika kita berpikir tentang irigasi, kita tentu akan segera berpikir tentang kebutuhan pengairan pada sawah-sawah. Padahal, irigasi memiliki fungsi yang jauh lebih besar dari itu. Dengan adanya irigasi, kita bisa membagi air untuk kebutuhan begitu banyak orang dan berbagai bidang. Sebenarnya, seperti apakah penggunaan pompa-pompa vansan Indonesia dalam dunia irigasi?

Penggunaan pertama pompa vansan Indonesia dalam dunia irigasi adalah dalam bentuk wild flooding. Wild flooding sendiri bisa dijelaskan sebagai air yang digenangkan pada suatu area yang cukup luas atau membanjiri sebuah area secara tepat sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, ada pula kebutuhan free flooding yang merupakan proses membanjiri sebagian area sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan irigasi lainnya adalah check flooding, sumber air bisa dimasukkan ke dalam semacam selokan yang kemudian dialirkan ke area-area yang jauh lebih kecil. Proses ini cukup sering kita temui dalam dunia pertanian atau pertambakan. Selain itu, ada pula border strip method, pengairan yang dibagi dalam luas area yang cukup kecil.

Pompa-pompa juga bisa digunakan dalam berbagai jenis irigasi. Sebagai contoh, irigasi local yang berarti mengaliri hanya suatu daerah tertentu. Pada jenis irigasi ini, selain pompa, kita juga harus memperhatikan sistem perpipaan yang sempurna agar air bisa diarahkan ke tempat yang membutuhkan. Selain itu, ada pula sistem irigasi penyemprotan dimana alih-alih membanjiri suatu area, air justru disemprotkan layaknya membuat kabut. Proses ini bisa dipakai pada area persawahan atau perkebunan yang membutuhkan pengairan dari atas sehingga daun-daun juga ikut terbasahi. Selain itu, ada pula kebutuhan irigasi untuk keperluan menyetok air di musim kemarau. Beberapa area yang mengalami kekeringan cukup ekstrim juga bisa memakai sistem irigasi tetes, irigasi curah, irigasi saluran terbuka, hingga irigasi di bawah permukaan tanah.

Loading...