Pompa Submersible Untuk Memenuhi Kebutuhan Air

Submersible Pump

Seringkali kita berpikir jika pompa submersible adalah pompa yang modern dan hanya akan dipakai di dunia industri saja. Padahal, dalam realitanya, pompa yang memiliki nama lain berupa pompa benam atau pompa celup ini juga banyak dipakai untuk kebutuhan rumah tangga, khususnya untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari. Sebagaimana diketahui, air adalah kebutuhan hakiki bagi setiap orang, baik itu untuk mengolah makanan, mencuci, atau bahkan untuk membersihkan badan. Bagaimanakah penggunaan pompa celup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga ini?

Pompa submersible memiliki kemampuan daya dorong yang luar biasa sehingga akan sangat baik untuk digunakan oleh masyarakat yang membutuhkan air dengan debit yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, jika kita tinggal di area kota besar dimana air dari sumur dangkal akan cenderung sulit untuk didapatkan. Maka, akan lebih baik jika kita memasang sumur bor atau sumur yang sangat dalam demi mendapatkan sumber air yang lebih melimpah. Disinilah kelebihan dari pompa benam ini bisa dimaksimalkan.

Menggunakan pompa submersible berarti kita akan memakai pompa yang memiliki sususan kipas yang lebih dari satu dimana susunan kipas ini bisa berputar dengan cepat di dalam casing yang akan membuat air terdorong dengan cepat ke permukaan dimana kita akan menampung air tersebut. Jika kita memakai sumur bor dimana biasanya lubang sumur tak sedalam jika kita memakai sumur konvensional, maka kita akan memakai pompa yang cenderung ringkas. Pompa benam juga sangat unik mengingat pompa ini cenderung ditempatkan di dalam sumber air sehingga kita pun tidak akan mengalami kebisingan saat pompa beroperasi.

Meskipun harganya cenderung lebih mahal dari pompa biasanya, namun pompa benam ini sangat bisa diandalkan untuk sumur yang sangat dalam, dimana sumber air biasanya melimpah dan tidak bergantung dengan musim. Tercatat, ada penggunaan pompa benam pada sumur yang memiliki kedalaman hingga 200 meter.

Loading...