Pompa Submersible Sebagai Pompa Penguras Air Kotor

Submersible Motor

Ada banyak sekali penggunaan pompa submersible yang bisa kita maksimalkan. Sebagai contoh, pompa yang memiliki nama lain pompa celup atau pompa benam ini sangatlah laris digunakan dalam dunia industry mengingat kemampuan memindahkan fluidanya sangat baik, khususnya dari sumur-sumur yang sangat dalam. Pompa benam ini sendiri sangatlah unik karena berbeda sekali penggunaannya dibandingkan dengan pompa-pompa lainnya dimana kebanyakan pompa harus ditempatkan di atas permukaan tanah, maka pompa ini justru ditenggelamkan pada fluida yang akan dipindahka.

Salah satu penggunaan pompa submersible yang cukup sering ditemukan adalah pompa ini digunakan untuk sistem pemngurasan air kotor. Hal ini berarti, pompa ini bisa dipakai sebagai penguras air di dalam kolam renang atau kolam-kolam lain yang banyak dipakai di dunia industry. Sebagai contoh, pompa benam ini dipakai dalam sistem pengurasan air pada kolam-kolam air pada perusahaan penyedia air bersih. Namun, uniknya, pompa dalam sistem pengurasan air kotor ini biasanya adalah yang berjenis pompa portable.

Mengapa harus memakai pompa submersible yang berjenis portable? Hal ini untuk keperluan efisiensi. Proses pengurasan air pada kolam atau tangka-tangki biasanya tidak dilakukan setiap waktu sehingga kita bisa menggunakannya sesekali saja dan bisa dipindah-pindah ke kolam atau tangki lainnya jika dibutuhkan. Pompa benam yang portable ini biasanya memiliki bentuk yang lebih sederhana dan memiliki pengendalian otomatis yang sudah dilengkapi pelampung atau switch. Perbedaan lain dari pompa benam untuk sistem penguras air kotor adalah pompa ini cenderung terbatas penggunaannya pada fluida yang cukup dangkal dan memiliki debit air tertentu. Namun, pada dasarnya, kehandalan pompa ini cenderung setara jika dibandingkan dengan pompa-pompa benam lainny ayang banyak dipakai di sumur dalam.

Loading...