Pompa Submersible Juga Bisa Digunakan di Sumur Minyak

Jockey Pump - Vertical Multistage

Salah satu pompa yang cukup banyak dipakai di dunia industri adalah pompa submersible. Bagaimana tidak, pompa ini dikenal cukup efisien untuk dipakai dalam berbagai bidang industri, salah satunya adalah dalam bidang perminyakan. Pompa yang memiliki nama lain berupa pompa benam ini kerap digunakan pada sumur minyak. Para pelaku industri menyebutkan jika pompa ini sangatlah efektif untuk membantu pemindahan fluida, yang dalam bidang ini adalah minyak mentah, agar bisa segera diambil untuk beragai keperluan.

Pompa benam yang dipakai dalam sumur minyak bisa digunakan sesuai dengan kedalaman atau bahkan kondisi laut. Biasanya, jenis pompa submersible yang dipakai untuk kebutuhan ini adalah yang memakai tenaga listrik. Dalam praktek penggunaannya, pompa benam yang dipakai pada sumur minyak biasanya memiliki komponen yang ada di fasilitas produksi atau yang disebut sebagai area permukaan. Sementara itu, ada pula bagian yang merupakan berada di dalam lubang atau sumur minyak yang merupakan inti kekuatan dari penyedotan minyak mentah ini.

Terdapat beberapa bagian penting dari pompa ini saat digunakan dalam sumur minyak. Sebagai contoh, ada pengendali motor, kabel permukaan, motor, segel, kabel, dan lain sebagainya. Ukuran diameter dari pompa yang digunakan juga cenderung sangat bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan motor yang digunakan biasanya sudah disesuaikan khusus untuk memenuhi kebutuhan sumur minyak yang sangat besar.

Kini, kita bahkan bisa menemukan pompa submersible yang memiliki bagian pemisah air dan minyak sehingga minyak yang didapatkan dari dalam sumur sudah bisa benar-benar terpisah dari kandungan air. Satu hal yang pasti, pompa yang sangat handal ini bisa dimaksimalkan para pelaku industri perminyakan untuk memenuhi kebutuhan mereka di sumur-sumur minyak yang tersebar di berbagai penjuru tanah air.

Loading...