Pompa Submersible Banyak Dipakai di Industri Pengolahan Makanan

Submersible Motor

Salah satu jenis pompa yang banyak dipakai di dunia industri adalah pompa submersible. Bagaimana tidak, pompa yang juga memiliki nama lain pompa benam atau pompa celup ini bisa menyediakan persediaan air yang sangat besar. Salah satu dunia industri yang banyak memakai pompa benam ini adalah industri pengolahan makanan. Tak dinyana, industri pengolahan makanan ternyata membutuhkan air yang cukup banyak, baik itu untuk keperluan pencucian bahan makanan, atau bahkan dalam proses pengolahan makanan itu sendiri. Sebagai contoh, kita bisa melihat banyaknya air yang dipakai untuk mengukus berbagai bahan makanan, bukan?

Pompa submersible sendiri adalah pompa yang sangat unik. Bagaimana tidak, tidak seperti pompa-pompa lainnya yang dipakai di atas permukaan tanah, pompa ini justru ditempatkan di dalam air yang akan didorong menuju ke tempat dimana kita membutuhkan air tersebut. Karena alasan inilah pompa ini disebut sebagai pompa benam atau pompa celup. Banyak pelaku industri yang memakai pompa benam ini dengan alasan biaya perawatannya yang cenderung lebih rendah, cenderung tidak berisik mengingat penempatannya di dalam sumur air, serta pompa ini juga cenderung tidak membutuhkan pendingin mengingat posisinya yang sudah berada di dalam air yang merupakan pendingin alami bagi pompa.

Hanya saja, pompa submersible juga memiliki kerentanan saat dipakai, khususnya jika musim kemarau tiba dan debit air di dalam sumur tiba-tiba turun drastis. Banyak industri pengolahan makanan yang mengeluhkan kerusakan pada pompa benam yang dipakai karena alasan ini. Sebagai informasi, pompa benam akan bisa segera mengalami kerusakan jika tidak berada dalam kondisi di dalam air secara terus menerus. Hal ini berarti, pelaku industri pengolahan makanan harus lebih pandai dalam menempatkan pompa ini di dalam fluida yang bisa menjaga keawetan pompa ini tetap terjaga.

Loading...