Pompa Juga Banyak Digunakan di Atas Kapal

Horizontal Multistage

Kita kerap berpikir jika pompa yang berasal dari vansan Indonesia hanya akan dipakai untuk kebutuhan industry saja. Padahal, dalam realitanya, pompa dari vansan Indonesia bisa digunakan untuk berbagai bidang kebutuhan. Sebagai contoh, pompa ternyata juga banyak dipakai di atas kapal. Kapal biasanya membutuhkan pompa pada bagian dasar ganda atau double bottom yang akan membantu proses perjalanan kapal bisa berjalan dengan lancar. Sebenarnya, apa sajakah pompa yang banyak dipakai di atas kapal?

Pompa vansan Indonesia pertama yang dipakai di atas kapal adalah pompa ballast. Pompa ini sendiri bisa ditemukan pada ceruk haluan atau buritan yang bisa mempengaruhi perubahan trim pada kapal. Dengan adanya pompa ini, lambung kapal tidak akan mudah miring sehingga setiap gerakan pada kapal akan berlangsung dengan aman.

Pompa berikutnya adalah pompa sanitary. Fungsi dari pompa ini adalah untuk membuang air yang ada pada geladak dan juga yang berasal dari limbah-limbah kamar mandi dan lain sebagainya. Air-air ini akan mengalir melalui pipa scupper dan menuju bagian geladak paling rendah dan harus dipompa keluar agar tidak mengganggu kinerja kapal.

Pompa air tawar juga dibutuhkan di atas kapal mengingat banyak ruangan di atas kapal yang membutuhkan air bersih layaknya kamar mandi, wc, hingga dapur dan laundry. Biasanya, di dalam kapar sudah ada tangki raksasa yang menyimpan air tawar dalam jumlah yang besar. Pompa air tawar akan memompa air-air ini ke berbagai tempat yang membutuhkan air bersih.

Pompa pendingin mesin induk juga harus ada di dalam kapal mengingat mesin yang bekerja di dalam kapal juga membutuhkan pendinginan. Pompa ini biasanya terdapat pada bagian double bottom dan memiliki sistem yang dipisahkan dari pompa air tawar untuk kebutuhan konsumsi kapal. Ada pula pompa drainase untuk pengeringan dek kapal bagian atas, pompa untuk minyak pelumas bagi mesin-mesin, hingga pompa yang dibutuhkan untuk kebutuhan penyediaan bahan bakar pada kapal.

Loading...