Pompa Centrifugal Dalam Teknologi Pembangkit Listrik Mikro Hidro

Pompa Centrifugal

Penggunaan pompa centrifugal sangatlah bervarisi. Kita tidak hanya akan melihat pompa ini dipakai pada rumah tangga atau dalam pabrik-pabrik yang membutuhkan sistem perpipaan yang handal, namun kita juga bisa melihat pompa ini pada berbagai penggunaan lainnya, yakni pembangkir listrik mikro hidro. Pembangkir listrik mikro hidro sendiri diyakini bisa menjadi salah satu solusi bagi kebutuhan listrik bagi banyak tempat. Yang menarik adalah ada pembangkit listrik mikro hidro dengan sistem sentrifugal yang ide dan teknologinya sudah diciptakan oleh tangan-tangan terampil dari Indonesia.

Penggunaan pompa centrifugal pada pembangkit listrik mikro hidro jelas menjadi hal yang penting mengingat adanya kebutuhan pompa yang harus menaikan kapasitas air minimal 10 persen dari volume air yang setidaknya dicukupi dalam setiap detik. Dengan memakai pompa ini, kita pun akan memenuhi kebutuhan penggerak yang berupa tenaga air yang memang dibutuhkan untuk memastikan pembangkit listrik mikro hidro benar-benar bisa bekerja.

Dengan memakai pompa centrifugal dalam pembangkit listrik mikro hidro, maka konstruksi pembangkit listrik ini akan cenderung mudah untuk dibangun dan sangat mudah untuk dipindah-pindahkan. Selain itu, pembangkit ini juga bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan penyediaan air layaknya bagi dunia pertanian, peterkakan, dan beberapa jenis industry. Pompa ini sendiri mampu menyediakan air hingga 25 atau 30 liter untuk setiap detiknya sehingga bisa dimanfaatkan bagi dunia pertanian dengan luas sekitar 20 hingga 30 hektar. Pembangkit listrik ini juga mampu menciptakan energy listrik sebesar 5,5 HP atau sekitar 4 KW yang tentu akan mencukupi kebutuhan listrik rumah tangga maupun dunia industry kecil.

Pemeliharaan pompa pada pembangkit listrik mikro hidro juga cenderung mudah dan murah untuk dilakukan. Asalkan tidak ada kotoran yang memasuki pompa dan sisstem perpompaan atau tidak adanya kebocoran, maka pompa akan cenderung tetap bekerja dengan normal dalam waktu yang lama.

Loading...