Pompa Centrifugal Banyak Digunakan Dalam Industri Minyak Bumi

Centrifugal Pump - Centrifugal End Suction Monoblok

Ada dua jenis pompa yang banyak dipergunakan dalam industry minyak bumi, yakni pompa centrifugal dan juga pompa positive displacement. Perbedaan penggunaan dari dua jenis pompa ini adalah dalam hal laju air discharge atau keluaran dari kedua pompanya. Sebagai informasi, laju aliran discharge dari pompa sentrifugal biasanya sangat bervariasi sesuai dengan besarnya head dan juga tekanan, sementara itu, laju alir discharge dari pompa positive displacement cenderung tetap dan sama sekali tidak bergantung dengan head dari pompa ini.

Pompa centrifugal sendiri cukup mudah ditemukan dalam fasilitas gathering station pada industry minyak bumi. Gathering station sendiri adalah bagian dari sumur produksi yang berfungsi untuk mengumpulkan semua fluida, dalam hal ini adalah minyak mentah, sebelum benar-benar diolah dan kemudian dipasarkan. Gathering station memang membutuhkan pompa bertipe sentrifugal yang mampu mendorong fluida dan meningkatkan kecepatan fluida.

Agar pompa centrifugal berfungsi dengan baik dalam industry minyak bumi, maka pompa ini perlu mendapatkan proteksi yang standar, khususnya dari adanya masalah aliran balik, overload, vibrasi, minum flow, hingga low NSPH Available. Untuk melindungi pompa dari masalah aliran balik, maka pompa harus dilengkapi dengan adanya check valve untuk memastikan aliran fluida hanya akan berjalan searah saja sesuai dengan arah keluaran pompa. Sementara itu, perlindungan dari masalah overload dilakukan dengan memasang pressure switch low, flow switch high, serta overload relay pada motor pompa.

Perlindungan pompa dari vibrasi yang berlebihan yang beresiko merusak pompa bisa dilakukan dengan adanya vibration switch dan vibration monitor. Selain itu, ada juga peralatan layaknya pressure switch high, flow switch low, dan juga return line serta control valve untuk menghindari adanya minimum flow. Peralatan layanya level switch low dan pressure switch low juga akan sangat baik dalam melindungi pompa dari masalah low NPSH available.

Loading...