Pompa Air Tidak Memberikan Air yang Cukup, Apa Alasannnya?

Centrifugal Pump - Centrifugal End Suction Monoblok

Sudah menjadi rahasia umum jika pompa dari vansan Indonesia dikenal luas sebagai pompa yang berkualitas tinggi dan bisa diandalkan. Salah satu jenis pompa vansan Indonesia yang cukup banyak peminatnya adalah pompa air yang bisa memenuhi kebutuhan air bersih bagi kebutuhan rumah tangga atau bahkan dunia industry. Uniknya, hampir semua orang membutuhkan air dengan debit yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhannya. Sayangnya, kadangkala pompa air hanya mampu menghisap air dalam jumlah yang kurang dari biasanya dan terlihat sangat lemas. Bagamana hal ini bisa terjadi? Berikut adalah beberapa alasan mengapa pompa air bekerja dengan loyo.

Hal pertama yang bisa kita analisa dari pompa vansan Indonesia andai mengalami gangguan berupa tidak bekerja seperti biasanya adalah bagian motor. Cobalah perhatikan apakah kondisi motor atau dinamonya. Jika dynamo ini masih bekerja dengan ormal dan suplai arus listrik sesuai dengan kebutuhan spesifikasi pompa, maka seharusnya masalah pompa air ini tidak akan terjadi. Jangan sampai input tegangan ternyata tidak cukup bagi pompa dan meembuatnya kurang bekerjadengan maksimal.

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah daya hisap dari pompa. Hal ini seharusnya sudah dibahas semenjak sumur dibuat atau dibeli karena harus sesuai dengan perencanaan dan kondisi sumur di lapangan. Jika sumur yang dipakai kurang baik spesifikasinya karena alasan hemat biaya, maka yang terjadi adalah pompa tidak akan bekerja dengan maksimal. Sebagai contoh kita memakai sumur 30 meter dengan pompa dengan daya hisap 25 meter saja. Tentu hal ini tidak akan cukup dan membuat pompa terkesan loyo.

Daya dorong dari pompa juga harus diperhatikan karena disinilah kekuatan pompa. Sebagai contoh, andai kita memakai pompa dengan daya dorong yang kecil, tentu aliran air akan sulit melalui sistem perpipaan yang cukup tinggi dari dalam tanah Karena alasan inilah kita harus berhati-hati dalam menentukan pompa yang akan kita gunakan.

Loading...