Penggunaan Pompa Centrifugal Telah Menyentuh Berbagai Lapisan Kehidupan Manusia

Disel Fire Pump - Centrifugal End Suction

Perkembangan pompa, khususnya pompa centrifugal ternyata telah sangat luar biasa dalam berbagai lapisan kehidupan manusia. Tak hanya pada dunia rumah tangga dimana kebutuhan air memang cukup tinggi, dunia industri dimana kebutuhan perpindahan fluida dalam sistem juga sangat besar ternyata juga membuat penggunaan pompa-pompa yang handal sangatlah dibutuhkan. Tercatat, pompa sentrifugal ini bahkan dianggap sebagai salah satu peralatan yang banyak dipakai dalam proses industri.

Kita bisa mengambil contoh penggunaan pompa centrifugal dalam dunia industri layaknya untuk memindahkan fluida dari satu area ke tempat lair layaknya dari area bawah tanah ke tangki penyimpanan, atau bahkan untuk mensirkulasikan fluida layaknya pada proses air pendingin yang melewati berbagai mesin dan peralatan yang bekerja dalam waktu yang lama, suhu yang tinggi, dan tekanan yang berat.

Secara umum, kinerja dari pompa centrifugal bisa dijelaskan dengan fluida akan dipaksa mengalir oleh tekanan atmosfer menuju bagian impeller. Setelah itu, baling-baling yang ada pada impeller akan meneruskan energi kinetik ini ke fluida dan membuat fluida ini berputar dalam kecepatan tinggi. Hal ini ternyata akan membuat fluida langsung terdorong untuk meninggalkan impeller. Biasanya, impeller pada pompa sentrifugal akan dikelilingi oleh volute casing atau semacam cincin difusser stationer. Kedua komponen inilah yang secara efektif mengubah energi kinetik untuk menjadi energi tekanan.

Pompa sentrifugal yang dipakai di dunia industri maupun dunia rumah tangga sendiri sangatlah bervariasi, dari yang berupa pompa dengan jenis volut atau rumah keong, pompa dengan jenis rumah keong ganda atau kembar, pompa dengan difusser, pompa berjenis turbin, pompa untuk kebutuhan mixed flow, hingga pompa dengan jenis aliran aksial. Semua pompa-pompa ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kita.

Loading...