Panel Solar Sel di Mall Filipina Bisa Memproduksi 2,9 Megawatt Listrik

motive neo solar system

Membicarakan tentang solar sel tentu tidak akan lepas dari adanya sumber energy ramah lingkungan yang terbarukan. Hal ini ternyata menjadi inspirasi bagi banyak pihak yang ingin mendapatkan energy listrik yang lebih baik di seluruh dunia. Salah satu contoh nyata akan penggunaan panel surya yang luar biasa adalah sebuah mall yang berada di Kota San Fernando, Provinsi Pampanga, di Filipina dimana pada atap dari mall ini, terdapat banyak sekali panel surya dengan ukuran yang luar biasa dan mampu menghasilkan energy listrik sebesar 2,9 MW dengan bersih!

Pihak pemilik mall mengaku jika mereka mulai memakai panel solar sel ini semenjak tahun 2006 dan diharapkan akan benar-benar sempurna pada akhir tahun ini. Di Filipina sendiri, proyak ini termasuk dalam proyek sistem tenaga surya yang didanai oleh swasta dan yang akan dikonsumsi secara pribadi oleh mall tersebut yang terbesar dalam sejarah. Yang menarik adalah, proyek ini ternyata hanyalah salah satu dari proyek yang sama pada berbagai ritel pusat perbelanjaan yang sama di seantero Filipina dan diharapkan dua tempat tersisa akan segera selesai pada akhir tahun 2016.

Total, pusat perbelanjaan di Filipina ini telah menargetkan sumber energy sebesar 12,5 MW pada 10 mallnya. Dari 10 atap panel solar sel ini, diketahui bahwa mereka akan menghasilkan setidaknya 16 juta kilo watt per jam energy yang bersih. Pemilik mall sendiri mengaku jika proyek ambisius mereka didasari oleh keinginan untuk menjadi lebih ramah lingkungan. Sejauh ini, adanya 10 panel sel solar pada atap mall diyakini mampu menghemat emisi CO2 setiap tahunnya hingga 8.760 ton.

Tak hanya panel surya, pusat perbelanjaan ini juga akan menanam lebih dari 220 ribu pohon yang mana akan berakhir pada tahun 2006. Sementara itu, pengembang panel surya yang memasang atap panel surya ini diharapkan akan segera memasang panel surya ini pada atap dari 41 mall di Filipina.

Loading...