Mengenal Pompa Lumpur

Motive Delphi Asynchronous 3PH Electric Motor

Sudah menjadi rahasia umum jika vansan indonesia  dikenal secara luas sebagai penyedia pompa yang terbaik di tanah air. Pompa-pompa yang disediakan oleh vansan indonesia memiliki kualitas wahid dengan variasi yang sangat banyak yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang. Salah satu jenis pompa yang bisa ditemukan di pasaran adalah pompa lumpur atau memiliki nama lain pump mud. Pompa ini biasanya digunakan oleh sebuah sitem sirkulasi dalam dunia pengeboran. Sebenarnya, seperti apakah kinerja dari pompa lumpur ini?

Dari berbagai variasi pompa yang tersedia di vansan indonesia, pompa ini cenderung memiliki fungsi yang unik dimana tugasnya adalah mengalirkan lumpur dari sebuah tangki ke sebuah dasar lubang yang bisa saja di dalam perjalanan lumpur ini akan melalui swivel dan juga bit untuk kemudian melewati bagia annulus untuk kemudian menuju ke tangki lagi. Pompa ini sendiri cenderung bekerja dengan tekanan tinggi dan volume yang sangat besar. Dalam bebearpa kasus, pompa ini bisa bekerja dengan fungsi ganda atu bahkan memiliki tiga lapisan untuk memenuhi kebutuhan perpompaan yang sangat tinggi.

Seringkali pompa lumpur ini digunakan untuk kebutuhan sistem sirkulasi dalam dunia pengeboran. Fungsi utama dari pompa ini bisa dijabarkan sebagai mengangkat cutting menuju ke permukaan, membuat bit dan drill string, bagian dari alat pengeboran menjadi lebih dingin, mengendalikan tekanan formasi selama proses pengeboran, memberikan dinding pada lubang bor pada mud cake, mengurangi serangkaian beban yang berasal dari pipa bor, dan sebagai penyedia informasi dari bagian bawah permukaan yang sulit untuk dilihat.

Dari berbagai jenis pompa lumpur yang tersedia di pasaran, pompa duplex dan pompa triplex biasanya menjadi pilihan utama para pelaku industri. Hanya saja, pompa triplex kerap kali dianggap memiliki lebih banyak kelebihan jika dibandingkan dengan pompa duplex.

Loading...