Mengenal Beberapa Jenis Pompa Positive Displacement

Disel Fire Pump - Centrifugal End Suction

Membicarakan pompa tentu tidak akan lepas dari vansan indonesia. Bagaimana tidak, vansan indonesia menyediakan berbagai macam pompa yang sangat dibutuhkan untuk berbagai jenis bidang. Sebagaimana kita ketahui, secara umum pompa bisa kita klasifikasikan sebagai pompa dinamik dan pompa positive displacement. Untuk kali ini, kita akan mencoba membahas beberapa jenis pompa yang masuk dalam jenis pompa positive displacement. Apa sajakah mereka?

Pompa positive displacement termasuk dalam produk yang ada dalam vansan indonesia. Pompa jenis ini sendiri bisa dijelaskan sebagai pompa yang memiliki cara kerja berupa memberikan gaya pada volume fluida tetap. Gaya ini sendiri berasal dari sisi inlet dan kemudian ditujukan pada titik outlet dari pompa tersebut. Pompa ini memiliki kelebihan jika digunakan berupa power density yang dihasilkan cenderung lebih besar dan perpindahan fluida pun akan cenderung stabil. Terdapat ada beberapa jenis pompa yang termasuk dalam pompa positive displacement layaknya pompa reciprocating dan juga pompa rotary.

Pompa reciprocating sendiri bisa dijelaskan sebagai pompa yang kerap digunakan untuk memindahkan fluida yang cenderung cukup berat, khususnya endapan dan juga lumpur yang tebal. Pada pompa ini, fluida akan memasuki silinder melalui semacam valve inlet dan kemudian dipompa keluar pompa dibawah tekanan positif yang melalui valve outletnya. Pompa ini sendiri bisa diubat kecepatannya sehingga bisa diatur volume fluida yang ingin dipindahkan.

Pompa rotary sendiri bisa dijelaskan sebagai pompa yang memiliki kemampuan mengeluarkan udara dari aliran pipa sehingga kita bisa mendapatkan efisiensi tinggi saat memindahkan fluida. Sayangnya, pompa ini cenderung hanya bisa digunakan pada kecepatan yang rendah dan stabil mengingat jika putaran pompa ini distel cukup tinggi, dikhawatirkan fluida yang dialirkan bisa membuat erosi pada bagian dalam pompa. Pompa ini sendiri bisa dibagi menjadi pompa dengan prinsip gear pump, pompa dengan prinsip screw pump, dan pompa dengan jeis rotary vane pump.

Loading...