Mengenal Beberapa Bagian Pompa Submersible Yang Berada di Bawah Permukaan Air

swing type check valve

Kini, semakin banyak orang yang memakai pompa submersible sebagai pompa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tak hanya terbatas di dunia industri saja, pompa yang memiliki nama lain pompa benam ini juga banyak dipakai di dunia rumah tangga, khususnya dalam hal penyediaan air bersih yang membutuhkan sumur yang sangat dalam. Karena disebut sebagai pompa benam, maka tentu pompa ini akan ditempatkan di bawah permukaan fluida layaknya air. apa sajakah bagian dari pompa benam ini yang berada di bawah permukaan air?

Kita akan membahas jenis pompa submersible yang bertipe elektrik. Jenis bagian pertama dari pompa ini yang berada di bawah permukaan air adalah Unit PSI atau Pressure Sensing Instrument. Peralatan ini akan memiliki fungsi sebagai pencatat tekanan dan suhu di dalam sumur. Unit PSI sendiri bisa dibagi menjadi dua yakni PSI Down Hole Unit yang dipasang di bawah motor type upper atau center tandem dan terkoneksi langsung dengan Wye dan motor elektrik sehingga PSI ini seakan-akan menjadi salah satu bagian motor. Sementara itu, ada juga PSI surface readout yang memberikan display informasi dari PSI down hole unit.

Bagian pompa submersible berikutnya yang berada di bawah permukaan air adalah motor eletrik. Motor ini sendiri biasanya memiliki tahanan listrik yang sangat tinggi dan dipasang pada bagian paling bawah dari rangkaian pompa ini. Motor ini sendiri memiliki fungsi sebagai penggerak pompa yang mengubah eneri listri menjadi energi mekanik.

Protektor juga menjadi bagian dari pompa benam yang ditempatkan di bawah permukaan air. Protektor sendiri bisa berfungsi sebagai pelindung pompa dari tekanan dalam motor dan tekanan pada annulus. Selain itu, protektor juga bisa menyekat adanya fluida yang bisa masuk ke dalam motor dan meredam gaya axial yang tercipta selama pompa bekerja. Bagian berikutnya dari pompa benam adalah intake atau tempat dimana fluida akan memasuki pompa untuk segera disalurkan ke tempat yan dituju.

Loading...