Memilih Pompa Submersible Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

drf20

Tak hanya untiuk digunakan di dunia industri, pompa submersible juga semakin banyak dipakai untuk kebutuhan rumah tangga. Hal ini dikarenakan kebutuhan air bersih masyarakat, khususnya yang tinggal di kota-kota besar semakin meningkat. Sayangnya, kebutuhan air bersih ini cenderung tidak diimbangi dengan peningkatan pelayanan dari pemerintah berupa air ledeng yang lancar. Alhasil, banyak masyarakat yang dulunya memakai sumur dangkal sebagai solusi mendapatkan air bersih kini lebih sering mendapatkan masalah kekurangan air dan memutuskan untuk memakai sumur dalam. Padahal, sumur dalam membutuhkan pompa yang handal agar bisa menyediakan air yang dibutuhkan sehari-hari.

Dengan memakai pompa submersible, pompa bisa menjangkau permukaan air yang sangat dalam di sumur tersebut. Pompa yang banyak dikenal sebagai pompa celup atau pompa benam ini bisa dipilih berdasarkan oleh beberapa kategori, yakni untuk sumur 3 inchi dan untuk sumur 4 inchi. Jangan terkecoh dengan namanya yang seperti menunjukkan ukuran pipa. Maksud dari ukuran tersebut adalah untuk menunjukkan bahwa pompa benam ini bisa dipakai pada sumur dengan diameter pipa dengan ukuran tersebut.

Selain pemilihan pipa yang akan dipakai bersama dengan pompa submersible, pemilihan pompa ini juga harus didasari oleh kondisi sumur yang akan dipompa. Dalamnya pompa dan kapasitas pompa bisa mempengaruhi pemilihan pompa ini. Sebagai contoh, jika permukaan air di dalam sumur mencapai 30-40 meter, maka mesin pompa benam dengan kapasitas 0,5 HP sudah dirasa cukup, namun, jika sumur ternyata cenderung lebih dalam lagi, maka kapasitas mesin dari pompa pun sebaiknya ditingkatkan agar kebutuhan air bisa mencukupi.

Setelah itu, cobalah untuk memilih kabel dan panel yang bisa mendukung kinerja pompa benam sesuai dengan kebutuhan air untuk rumah tangga kita. Kabel sendiri bisa berpengaruh pada daya yang dipakai oleh pompa dan panel bisa berfungsi sebagai pengaman pompa saat diaplikasikan sehari-hari.

Loading...