Memilih Pompa Submersible Terbaik Untuk Sumur Dalam

Sewage Pump - Submersible

Membicarakan pompa submersible tentu akan membuat kita berpikir tentang sebuah pompa yang mampu mengatasi masalah kebutuhan air bersih, baik itu yang dibutuhkan oleh rumah tangga maupun yang dibutuhkan oleh dunia industry. Sudah menjadi rahasia umum jika kebutuhan air, khususnya di kota-kota besar akan meningkat tajam mengingat semakin banyaknya orang yang menggunakannya setiap hari. Karena semakin banyaknya air yang harus dipakai, kini semakin banyak orang yang memilih sumur dalam yang memberikan sumber air yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan sumur dangkal. Untuk memastikan air ini bisa diangkat ke permukaan, penggunaan pompa yang juga disebut sebagai pompa celup ini pun dianggap menjadi solusi terbaik.

Memilih pompa submersible yang bisa kita pakai untuk sumur dalam adalah hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Kini, semakin banyak pompa celup yang memiliki spesifikasi tinggi sehingga bisa kita aplikasikan untuk berbagai jenis kebutuhan. Namun, secara umum, pompa celup yang dipakai untuk sumur dalam adalah yang bertipe 3 inch dan 4 inch. Satuan inch ini sendiri bukan berarti mengacu pada diameter pompanya, namun lebih kepada lebar pipa yang akan dipakai untuk mengalirkan fluida dari dalam sumur ke permukaan tanah.

Yang menarik dari penggunaan pompa submersible ini adalah, pompa akan ditempatkan di dalam sumber air atau dengan kata lain dicelupkan di dalam sumber air. Hal ini berarti, pemilihan tipe dari pipa akan berpengaruh besar mengingat jika kita salah memilih ukuran inchi, dikhawatirkan pipa akan kesulitan memasuki sumur dalam tersebut.

Selain tipe, perhatikan pula kebutuhan atau daya pompa celup ini. Sebagai contoh, kita bisa memilih ukuran horse power dari pompa ini yang disesuaikan dengan kedalaman sumur. Semakin dalam sumur, semakin tinggi horse power dari pompa. Tak hanya itu, hal ini juga berpengaruh pada seberapa banyak air yang bisa kita dapatkan dalam waktu satu jam.

 

Loading...