Keunggulan Dari Penggunaan Pompa Submersible

Submersible Pump

Membicarakan deepwell pump tentu tidak akan bisa dilepaskan dari pompa submersible. Pompa yang juga kerap disebut sebagai pompa benam ini memang merupakan salah satu jenis deepwell pump yang cukup banyak dipakai di berbagai bidang industri dan rumah tangga di Indonesia. Banyak orang yang menggunakan pompa jenis ini untuk kebutuhan penyedotan fluida, khususnya berupa air, yang berasal dari sumur-sumur yang sangat dalam, yakni sekitar 20 meter di bawah permukaan tanah atau lebih. Sebenarnya, apa sajakah sih kelebihan dari penggunaan pompa submersible ini?

Banyak orang yang menganggap pompa submersible sebagai pompa yang cenderung tidak mengeluarkan suara bising. Bagaimana tidak, pompa ini ditempatkan di dalam sumur, dan bahkan dibenamkan di dalam fluida itu sendiri. Hal ini berarti kita hampir tidak akan mendengar suara pengoperasian sama sekali. Uniknya, karena pengoperasiannya berada di dalam fluida, maka pompa inipun memiliki pendingin alami yang berupa fluida itu sendiri. Hal ini tentu akan berimbas baik pada pengoperasian pompa yang tidak akan begitu panas. Pompa ini juga akan cenderung terbebas dari masalah keausan bearing dan shaft. Namun, yang paling utama tentu saja adalah biaya perawatannya yang cenderung sangat rendah dan murah.

Selain kelebihan tersebut, salah satu jenis deepwell pump ini juga cenderung tidak mengganggu tegangan listrik saat dipakai. Hal ini dikarenakan kebutuhan daya listriknya cukup rendah meskipun torsi dari pompa ini cukup tinggi. Selain itu, kini banyak sekali pompa submersible yang memiliki proteksi khusus pada produk-produknya yang memungkinkan pompa terlindungi dari beban listrik berlebihan hingga kemungkinan adanya kekosongan fluida yang bisa merusak pompa. Jika hal ini terjadi, pompa biasanya secara otomatis akan mati sendiri demi menghindari kerusakan.

Loading...