Jalanan di Amerika Serikat ini Memakai Teknologi Solar Sel

motive neo solar system

Kita bisa mendapatkan sumber energy yang ramah lingkungan dengan cara memakai solar sel yang memanfaatkan sinar matahari menjadi energy listrik yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Penggunaan panel surya sendiri memang cukup banyak dilakukan oleh masyarakat modern di berbagai belahan dunia. Jika kita biasanya mendengar panel surya dipakai pada gedung-gedung berukuran besar layaknya stadion atau bahkan pusat perbelanjaan, maka kini di Amerika Serikat akan menggunakan panel surya sebagai sumber energy untuk jalan raya. Yang menarik adalah, program jalan raya yang memakai energy matahari ini ditempatkan pada sebuah jalanan yang sangat bersejarah pada Negara adidaya tersebut, yakni Route 66.

Program penggunaan solar sel sebagai sumber energy jalan raya ini dinamai Road to Tomorrow oleh Departemen Transportasi Negara bagian Missouri. Pemimpin proyek ini, Tom Blair, menyebutkan jika diharapkan pada akhir tahun 2016 pembangunannya bisa selesai dan mulai tahun depan jalanan ini sudah bisa mendapatkan energy dari sinar matahari. Jalanan Route 66 sendiri akan dipenuhi dengan panel surya yang dibentuk layaknya komponen trotoar dengan bentuk heksagonal atau segi enam. Yang menarik adalah, komponen ini akan langsung ditaman layaknya aspal atau beton dan dianggap cukup tangguh dan bahkan lebih baik dari bahan jalanan ini. Selain menyerap energy matahari dengan maksimal, panel surya modern ini akan bisa mengkonversi energy ini menjadi tenaga listrik layaknya lampu LED jalan raya yang ramah lingkungan.

Lampu LED jalan raya yang memakai sumber energy dari solar sel ini juga cukup modern karena bisa memberikan pesan-pesan khusus layaknya jika para pengendara harus melambat. Tak hanya itu, andai musim dingin dipenuhi dengan salju, ada teknologi yang bisa membuat salju dan es mencair sehingga bisa membuat jalanan lebih aman untuk dikendarai.

Loading...