Istilah-Istilah Yang Kerap Disebut Dalam Dunia Pompa

Pompa-pompa yang disediakan oleh Vansan Indonesia tentu saja adalah pompa yang sangat berkualitas dan bisa digunakan untuk memindahkan berbagai macam fluida sesuai dengan kebutuhan. Namun, sebelum kita membahas lebih jauh tentang pompa-pompa yang disediakan oleh Vansan Indonesia, ada baiknya kita terlebih dahulu mengenal pompa lebih dalam terlebih dahulu. Terdapat ada banyak istilah yang bisa ditemui dalam dunia pompa yang kadangkala sulit untuk dimengerti oleh orang awam. Lantas, apa sajakah istilah-istilah tersebut?

Head dari pompa adalah istilah pertama yang sangat sering disebut dalam dunia pompa. Secara umum, head sendiri adalah semacam besaran yang spesifik dari tekanan fluida dan ketinggian permukaan fluida. Head sendiri memiliki beberapa macam jenis, seperti static suction head atau static discharge head. Static suction head sendiri adalah ketinggian vertikal dari fluida yang bisa menurun karena gaya gravitasi untuk menuju inlet dari pompa. Sementara itu, static discharge head adalah ketinggian vertikal yang dihitung dari titik pusat pompa dengan tujuan dari pemindahan fluida yang paling tinggi. Selain itu, terdapat istilah head lainnya layaknya static suction lift yang merupakan ketinggian vertikal permukaan fluida yang harus dipompa ke atas yang dihitung dari pusat pompa. Total static head adalah ketinggian vertikal total yang dihitung dari permukaan fluida inlet dengan permukaan fluida outlet pompa, dan net positive suction head yang merupakan besaran total suction head.

Istilah lain yang bisa kita temukan pada pompa-pompa pada Vansan Indonesia adalah kavitasi. Kavitasi sendiri bisa dijelaskan sebagai sebuah kondisi dimana rongga kosong atau gelembung akan terbentuk pada fluida yang akan dipompa pada titik dimana pompa ada pada tekanan terendah. Pompa-pompa modern kini sebisa mungkin menghindari munculnya kavitasi karena berpotensi merusak komponen di dalam pompa.

Loading...