Inverter Bisa Menjadi Solusi Bagi Mereka yang Tinggal di Area yang Kerap Mengalami Pemadaman

Motive Neo WiFi Inverter

Inverter termasuk dalam komponen listrik yang cukup banyak dikenal masyarakat sebagai salah satu solusi bagi mereka yang tinggal di area dimana pemadaman listrik kerap terjadi. Bagaimana tidak, komponen listrik ini bisa mengubah arus listrik dari AC ke DC maupun sebaliknya. Mengingat kebanyakan peralatan elektronika di rumah kita memakai arus AC, maka kita pun bisa memakai alat pengubah arus ini dari arus DC yang bisa berasal dari aki menjadi arus listrik AC yang bisa dijadikan sumber daya peralatan elektronik rumah tangga.

Tak perlu khawatir akan penggunaannya, banyak orang yang meyakini jika inverter sudah sangat aman untuk digunakan jika memang kita mengalami pemadaman listrik. Sebagai contoh, kita bisa memakai aki baik itu untuk kebutuhan rumah tangga, untuk peralatan berkemah, hingga kebutuhan listrik pada kendaraan. Dengan adanya peralatan pengubah arus listrik ini, kita bisa tetap menyalakan lampu dan beberapa peralatan elektronik lainnya meskipun pemadaman berlangsung cukup lama.

Keuntungan dari penggunaan inverter adalah, kita tidak perlu memakai peralatan yang berat dan cenderung berisik layaknya generator saat pemadaman terjadi. Peralatan pengubah arus listrik ini bahkan termasuk dalam peralatan yang ringkas dan bisa dibawa kemana-mana. Bahkan, peralatan ini cenderung tidak memerlukan perawatan yang rumit sehingga bisa dipakai kapan saja dengan baik.

Keunikan dari peralatan ini adalah jika dayanya sudah hampir habis, maka biasanya sudah ada perangkat shutdown otomatis yang membuatnya segera memberikan alarm penanda. Tak hanya itu, peralatan ini juga sudah dilengkapi dengan perangkat sirkuit pemutus otomatis andai ada penggunaan listrik yang overload dan berbahaya bagi semua peralatan elektronik. Kita sendiri bisa memakai peralatan ini setidaknya sekitar 7 jam lebih untuk ukuran aki yang normal dan penggunaan yang tidak terlalu banyak saat pemadaman.

Loading...