Dunia Industri Mana Saja yang Menggunakan Pompa Submersible?

Sewage Pump - Submersible

Pompa submersible termasuk dalam jenis pompa yang sangat unik. Bagaimana tidak, pompa yang juga kerap dipanggil dengan nama pompa celup atau pompa benam ini memiliki bentuk dan rancangan yang sangat berbeda dari berbagai jenis pompa lainnya, khususnya pompa air berjenis jet pump. Bagaimana tidak, pompa celup ini memiliki bagian layaknya motor dan komponen-komponen yang cenderung tertutup rapat. Rancangan yang rapat ini sebenarnya disesuaikan dengan penggunaan pompa yang memang nantinya akan direndam seluruhnya pada fluida yang akan dialirkan. Sangat berbeda bukan dengan kebanyakan pompa yang kita tempatkan di permukaan dimana sebisa mungkin justri tidak terendam oleh fluida?

Disamping rancangannya yang unik, pompa submersible juga diyakini memiliki tingkat efisiensi pemompaan fluida yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan jet pump. Karena alasan inilah, banyak rumah tangga atau bahkan dunia industry yang menggunakan pompa ini.

Di industry mana sajakah kita bisa menemukan pompa submersible? Kita bisa menemukan pompa yang sangat bisa diandalkan ini pada kebutuhan drainase, industry pompa umum, industry pemompaan lumpur, atau bahkan di industry pariwisata dan makanan yang kerap menggunakan sumur dalam sehingga tentu akan membutuhkan pompa yang efisien macam pompa celup ini. Selain itu, pompa celup juga kerap digunakan sebagai filter kolam, hingga pada sumur-sumur minyak.

Beberapa jenis penggunaan lain dari pompa benam ini adalah dalam instalasi pengolahan limbah pada berbagai pabrik, pemadam kebakaran, pengeboran lepas pantai, dewatering tambang, hingga sistem irigasi pada dunia pertanian. Variasi penggunaan dari pompa benam yang sangat luas ini justru semakin mengukuhkan fakta dimana pompa ini memang sangat bisa diandalkan dan memiliki efisiensi pemindahan fluida yang sangat baik.

Loading...