Dimanakah Biasanya Kita Bisa Memakai Pompa Centrifugal?

Centrifugal Pump - Centrifugal End Suction Monoblok

Salah satu jenis pompa yang cukup dikenal di dunia industri adalah pompa centrifugal. Pompa ini sendiri mampu melakukan fungsi pemindahan fluida dari satu tempat ke tempat lain dengan efektif dan sangat bisa diandalkan. Sebuah pertanyaan pun muncul, sebenarnya, dimana sajakah bidang industri yang kerap memakai pompa yang sangat bisa diandalkan ini?

Bidang industri pertama yang banyak memakai pompa centrifugal adalah bidang industri minyak bumi. Sebagai contoh, kita bisa melihat adanya kilang minyak yang membutuhkan pengumpulan fluida, maka akan membutuhkan pompa sentrifugal ini, khususnya yang berasal dari area sumur produksi. Area ini kerap kali disebut sebagai fasilitas gathering station pada area industri minyak bumi dimaan minyak masih belum benar-benar diolah.

Beberapa jenis industri lain yang memakai pompa centrifugal adalah jenis industri perkapalan, industri yang berkaitan dengan bahan kimia, pemompaan fluida yang cenderung berat layaknya lumpur, hingga berbagai larutan cair yang sudah tercampur dengan partikel padat. Hal ini dikarenakan pompa sentrifugal cenderung handal untuk mengalirkan jenis fluida berat ini. Sleain itu, industri layaknya dock dan industri proses di lepas pantai, hingga industri gas juga banyak menggunakan pompa ini.

Mengapa banyak industri yang memakai pompa sentrifugal? Hal ini dikarenakan pompa ini menawarkan efisiensi luar biasa yang tidak banyak ditawarkan oleh jenis pompa lainnya. Selain itu, pompa sentrifugal cenderung berbentuk sederhana dengan variasi jenis yang sangat banyak dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan industri, konstruksi dari pompa ini juga cenderung kuat dan berbagai pilihan kapasitias output pun bisa kita dapatkan. Yang menarik adalah, harga pompa ini cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis pompa displacement dan pompa ini cenderung tidak banyak memakan tempat.

Loading...