Dimana Sajakah Kita Bisa Menggunakan Pompa Submersible?

LPG Rotodynamic Multistage Self-Primming Pump

Salah satu jenis pompa yang dikenal luas oleh masyarakat adalah pompa submersible. Pompa yang juga memiliki nama lain berupa pompa benam ini termasuk dalam jenis pompa sentrifugal multistage. Pengoperasian pompa ini sendiri sangatlah unik karena berada dalam posisi vertikal. Tidak seperti pompa air biasa yang cara kerjanya adalah menghisap, pompa ini justru memiliki cara kerja berupa mendorong fluida menuju tempat yang dituju. Perkembangan pompa benam sendiri termasuk sangat menakjubkan karena kita kini bisa menemukan banyak sekali jenis dari pompa ini yang disesuaikan dengan berbagai macam kebutuhan. Sebenarnya, dimana sajakah penggunaan dari pompa ini?

Jika kita membicarakan pompa submersible, tentu area pertama yang sangat identik dengan penggunaannya adalah area industri. Bagaimana tidak, pompa ini bisa dipakai pada berbagai bagian industri layaknya pada filter kolam, drainase, pemompaan lumpur, atau bahkan pada industri pompa umum. Beberapa jenis pompa benam bertingkat bahkan bisa dipakai pada industri minyak yang bisa memakai jenis sumur yang sangat dalam. Selain itu, area industri lainnya yang memakai pompa benam ini adalah pada instalasi pengelolaan limbah.

Selain pada area-area yang lekat dengan dunia industri tersebut, pompa submersible juga banyak dipakai untuk berbagai keperluan lainnya layaknya pada pemadam kebakaran, khususnya untuk jenis kebakaran yang disebabkan oleh kabel yang tahan api, pengeboran yang dilakukan lepas pantai layaknya kilang minyak bumi, lift buatan, dewatering pada dunia tambang, atau bahkan pada dunia pertanian sebagai bagian dari sistem irigasi. Namun, pompa benam juga bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga yang terkesan sederhana dimana pompa ini juga bisa dipakai untuk keperluan pemompaan air tanah, khususnya yang berasal dari sumur bor yang cukup dalam.

Loading...