Dimana Sajakah Kita Bisa Menggunakan Inverter

Motive Delphi Asynchronous 3PH Electric Motor

Tahukah anda jika inverter juga bisa digunakan dalam mobil kita? Memang, peralatan elektronik ini banyak dipakai dalam berbagai perkakas elektronik sebagai pengubah arus DC menjadi arus AC. Tak hanya itu, peralatan elektronik ini juga bisa kita temukan pada sumber daya layaknya aki atau bahkan panel surya. Namun, andai kita memakai alat ini pada mobil, maka kita akan mendapatkan sumber listrik yang cukup untuk beberapa peralatan layaknya laptop, charger ponsel, kipas angina, atau bahkan penyetel music.

Sebagaimana kita ketahui, perjalanan panjang dengan memakai mobil bisa menjadi masalah tersendiri andai kita tidak membawa sumber listrik layaknya power bank. Kita tidak akan bisa mencharge ponsel andai baterainya habis atau bahkan memakai laptop. Namun, dengan adanya peralatan yang disebut sebagai power inverter ini, kita bisa melakukan hal-hal tersebut dengan mudah. Tak hanya itu, peralatan elektronik ini juga kerap kali digunakan saat kita berada dalam lokasi yang masih belum mendapatkan jaringan listrik sehingga kita bisa memaksimalkan energy dari aki.

Selain bisa mengubah arus DC yang ada pada aki menjadi arus AC yang dibutuhkan oleh banyak perangkat elektronik, inverter juga kerap dipakai pada peranngkat panels pembangkit listrik tenaga surya. Tak hanya itu, peralatan ini juga banyak digunakan pada televisi, kulkas, komputer, dan lain sebagainya. Peralatan ini sendiri dikenal luas sebagai alat yang ringan, kompak, dan sangat efisien. Yang menarik adalah, penggunaan inverter tidak akan memberikan suara yang cenderung keras layaknya andai kita memakai genset. Banyak inverter modern yang sudah dilengkapi dengan fitur low battery auto shutdown, low battery alarm, andai sumber daya dari baterai atau aki sudah hampir habis, ada pula fitur pemutus sirkuit andai terjadi konsleting listrik, atau bahkan high surge current capacity. Yang pasti adalah, peralatan ini cenderung tidak berisik dan hemat biaya andai digunakan.

Loading...