Cara Kerja Pompa Dalam Mengalirkan Fluidanya

drf60

Sebagai penyedia pompa terbaik di tanah air, vansan indonesia tentu menyediakan produk-produk pompa berkualitas yang bisa dipakai oleh berbagai jenis bidang. Sebagaimana diketahui, pompa dari vansan indonesia tidak hanya terbatas pada pompa air yang banyak dipakai untuk kebutuhan rumah tangga. Banyak varian bidang lain layaknya untuk kebutuhan industri atau bahkan untuk kebutuhan pertanian bisa memakai produk pompa. Dalam realitanya, pompa memang bisa dibedakan melalui beberapa jenis, khususnya melalu cara kerjanya dalam mengalirkan fluida atau bahkan dalam hal bentuk pompanya.

Sebagaimana diketahui, pompa-pompa yang disediakan oleh vansan indonesia memiliki fungsi utama untuk memindahkan fluida. Kerap kali fluida yang dipindahkan dalam bentuk cair meskipun ada juga pompa yang memindahkan fluida cair dengan kepadatan tertentu atau bahkan dalam benfuk gas. Sebagai contoh, jika fluida yang dialirkan adalah minyak mentah, tentu fluida ini memiliki kepadatan yang berbeda jika dibandingkan jika kita memindahkan fluida air untuk keperluan air bersih.

Prinsip kerja pompa sendiri berdasarkan cara mengalirkan fluidanya adalah dengan cara memberikan gaya tekan pada fluida yang dialirkan. Dengan adanya tekanan, diharapkan fluida bisa mengatasi hambatan saat proses pemindahan fluida berlangsung. Sebagai contoh, jika pipa mengalami perbedaan elevasi atau ketinggian, maka tekanan ini akan membuat fluida bisa melalui pipa hingga tempat tujuan. Perpindahan fluida sendiri bisa terjadi dengan cara horizontal ataupun vertikal. Sebagai contoh, pompa yang dipergunakan untuk mengambil fluida dari sumur dalam jelas membutuhkan gerakan vertikal dari bawah ke atas. Sementara itu, ada juga fluida yang dialirkan dalam posisi horizontal yang juga berpotensi mengaalmi hambatan berupa gesekan atau turbulensi. Hal ini tentu membuat tekanan pada fluida harus diatur sedemikian rupa untuk bisa mengatasi berbagai hambatan tersebut.

Loading...