Berbagai Macam Pompa (Bagian 2)

Pompa Centrifugal

Pompa telah menjadi salah satu peralatan yang cukup akrab bagi masyarakat tanah air. Berbagai macam jenis pompa telah mengisi beragam sendi kehidupan masyarakat, dari yang digunakan untuk mengisi angin pada ban-ban kendaraan, hingga untuk kebutuhan pengairan pada area persawahan.

Kita telah membahas dua buah jenis pompa yang banyak dipakai oleh masyarakat, dan untuk kali ini, kita akan membahas beberapa jenis pompa lainnya seperti Pompa hidrolik. Pompa hidrolik sendiri adalah salah satu jenis pompa yang sangat dikenal akan fleksibilitasnya yang sangat baik. Pompa ini juga mudah untuk dibuat sistemnya karena memiliki bentuk yang sederhana, sehingga saat digunakan pun, pompa ini dapat dikendalikan dengan baik kelebihan beban dan juga untuk menggandakan kekuatan. Prinsip kerja dari pompa hidrolik sendiri adalah dengan menggunakan energi kinetik dari cairan yang disalurkan ke kolom dimana energi tersebut didorong oleh sebuah momentum yang kemudian dapat menjadi energi tekan yang akan memompa fluida ke arah yang kita inginkan.

Jenis pompa berikutnya adalah pompa sentrifugal. Jika pompa air sangat banyak diminati untuk kebutuhan rumah tangga, pompa sentrifugal justru mendapatkan popularitasnya dalam dunia industri. Pompa ini memakai prinsip kerja dimana energi kinetis yang berasal dari kecepatan aliran fluida diubah menjadi energi dinamis. Hal inilah yang membuat pompa ini juga disebut sebagai pompa kerja dinamis atau non-positive displacement pump. Kapasitas yang dihasilkan jenis pompa ini sebanding dengan putaran. Bentuk dari pompa sentrifugal sangat sederhana, ringan, ramping, dan cukup murah untuk dipasang dan dirawat.  Pompa ini sendiri memiliki sifat hidrolis dengan memindahkan energi yang ada pada area baling-baling pompa dengan memakai fluid dynamics, atau disebut sebagai perubahan aliran arah fluida. Fluida yang mengalir di pompa ini sendiri melalui sejenis impeller yang berputar di dalam casing dari pompa sentrifugal.

Loading...