Berbagai Macam Pompa (Bagian 1)

Berbagai Macam Pompa Sentrifugal

Saat kita mendengar nama pompa, hal pertama yang terbersit dalam pikiran kita adalah pompa air yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air mereka. Pompa-pompa air ini digunakan di sumur-sumur di rumah penduduk, sumur tempat usaha seperti warung makan, atau bahkan untuk mengairi sawah yang kekurangan pasokan air dari irigasi setempat. Dalam kenyataannya, terdapat begitu banyak jenis pompa yang tersedia di masyarakat, dan untuk kali ini, kita akan mengenal beragam jenis pompa sesuai dengan cara kerjanya.

Pompa jenis pertama adalah yang sering sekali ditemukan di sumur-sumur warga sebagai penyedot air yang nantinya akan digunakan sebagai pasokan kebutuhan harian rumah tangga. Pompa ini adalah pompa jet pump, namun banyak warga yang menyebutnya dengan pompa air saja. Pompa ini bekerja dengan menggunakan motor listrik yang memiliki daya yang sangat besar. Air yang berasal dari sumur yang sangat dalam pun dapat disedot dengan mudah oleh pompa air ini berkat sifat dasarnya yang memang mampu mengangkat cairan yang berasal dari tempat yang sangat dalam. Disamping motor berdaya besar, pompa air ini juga memiliki baling-baling dan penyemprot air bertekanan tinggi untuk menunjang kinerjanya. Prinsip Kerja dari pompa air sendiri memakai prinsip ejector yang menggunakan perubahan tekanan nozzle karena adanya aliran fluida untuk mengangkat cairan ke atas.

Jenis pompa berikutnya adalah air lift pump. Sebagaimana jet pump, pompa ini juga digunakan untuk menyedot air yang berasal dari sumur yang sangat dalam. Hanya saja, air yang disedot oleh pompa ini biasanya lebih kotor dan banyak memiliki kandungan pasir yang dapat merusak bagian mekanik pompa dengan mudah. Pompa ini juga dapat dipakai pada proses pengolahan limbah dengan head rendah. Sistem kerjanya sendiri sangat bergantung pada campuran cairan dan gas yang mengalir pada pompa.

Loading...