Beberapa Macam Pompa Centrifugal yang Bisa Kita Temui di Pasaran

Centrifugal Pump - Centrifugal End Suction Monoblok

Membahas tentang pompa centrifugal tentu tidak akan lepas dari sebuah pompa yang memiliki kinerja luar biasa dalam memindahkan fluida. Pompa ini sendiri bekerja dengan cara memanfaatkan gaya sentrifugal yang berasal dari putaran impeller yang ada di dalam pompa ini. Semakin cepat putara impeller pada pompa, maka semakin tinggi pula tekanan fluida yang dihasilkan sehingga semakin efektif pula proses pemindahan fluida dari satu tempat ke tempat lainnya.

Secara umum, kita bisa membagi beberapa pompa centrifugal sesuai dengan kebutuhan sistem perpompaan kita. Sebagai contoh, ada pompa sentrifugal yang berjenis monoblock atau close couple dimana pompa ini menyatu dengan motornya. Biasanya, pompa jenis ini dipakai untuk kebutuhan pompa dengan kapasitas kecil hingga sedang yang ada pada penyediaan air, sirkulasi air, hingga kebutuhan industrial lainnya. Jenis pompa sentrifugal lainnya adalah end suction volute casing atau yang juga disebut sebagai back pull out design. Jenis pompa ini cenderung terpisah dengan motornya dan harus dikoneksikan dengan couple. Biasanya, area pertanian, plumbing, dan juga untuk pemadam kebakaran memakai pompa jenis ini.

Jenis pompa centrifugal lainnya adalah vertical multistage dimana impeller yang dipakai pada pompa ini cukup banyak. Pompa ini biasanya memiliki tekanan yang cukup tinggi sehingga bisa diaplikasikan untuk kebutuhan air bagi gedung tinggi, irigasi pertanian, hingga plumbing. Selain itu, ada pula pompa berjenis horizontal multistage yang juga memiliki banyak impeller namun dalam bentuk pompa horizontal. Kegunaannya pun mirip dengan dengan pompa dengan jenis vertical multistage.

Ada pula jenis pompa yang disebut sbeagai self priming dimana kapasitas pompanya biasanya adalah sedang dimana pompa ini banyak dipakai untuk irigasi darn drainase. Selain itu, pertanian tambak juga akan sangat cocok untuk memakai pompa ini. Pompa lainnya adalah yang bernama split case yang cenderung memiliki tekanan sangat tinggi dan kapasitas yang sangat besar. Selain untuk pemenuhan kebutuhan air di gedung tinggi, pompa ini juga banyak dipakai untuk tower pendingin dan kebutuhan irigasi serta drainase.

Loading...