Beberapa Macam Fluida Yang Ada Pada Industri Kimia

Pompa Centrifugal

Membicarakan vansan Indonesia tentu tidak akan lepas dari pompa-pompa berkualitas yang bisa menjadi solusi bagi berbagai kebutuhan industri di tanah air. Salah satu jenis industri yang banyak menggunakan pompa dari vansan Indonesia adalah industri kimia. Sebagaimana diketahui, dunia industri memiliki jenis fluida yang unik dan berbeda jika dibandingkan dengan industri lainnya. Bahkan, banyak fluida yang sangat keras dan bisa membuat kerusakan parah pada pipa hingga pompa-pompa yang bekerja.

Industri kimia sendiri bisa dijabarkan sebagai industri yang membuat bahan kimia, memakai bahan kimia, atau bahkan yang membuang bahan kimia ini. Pompa dari vansan Indonesia yang dipakai untuk industri kimia biasanya adalah yang terbuat dari bahan stainless steel, nickel-alloy, atau bahkan titanium hingga zirconium. Selain itu, ada bahan-bahan tambahan layaknya karbon, glass, porselen, karet, atau bahkan semacam rekayasa polimer hingga rubber. Biasanya, setiap bahan dari pompa ini disesuaikan dengan jeins fluida yang dipakai dalam industri. Sebagai contoh, fluida yang dipakai memiliki jenis yang berbeda-beda, ada yang panas, ada yang dingin, da pula yang ambient. Suhu dari fluida ini bisa berpengaruh besar pada tingkat korosi yang didapatkan oleh pipa atau pompa. Selain suhu, kadar asam dan basa dari fluida juga akan sangat berpengaruh pada bahan yang dipakai oleh pompa pada industri kimia. Kadar asam dan basa ini bisa mempengaruhi tingkat korosif dari fluida tersebut.

Beberapa fluida dalam industri kimia juga akan dibedakan dengan yang tercampur dengan udara atau yang sama sekali tidak tercampur udara sama sekali. Hal ini akan berpengaruh pada tingkat oksidasi pada pipa dan pompa sehingga akan berpengaruh pada bahan dari pompa yang akan dipakai. Selain itu, sirkulasi ulang pada fluida juga sangat berpengaruh pada usia dan penggunaan pompa.

Loading...