Apa yang Bisa Kita Lakukan Jika Pompa Submersible Mati?

Submersible Motor

Dalam dunia industri, pompa submersible telah menjadi pompa yang banyak digunakan mengingat kemampuannya yang luar biasa untuk memindahkan fluida. Sayangnya, sebagaimana pompa-pompa jenis lain buatan manusia, pompa ini juga bisa mengalami kerusakan jika dipakai terus menerus atau dipakai dalam intensitas yang tinggi. Biasanya, kerusakan pompa yang juga disebut sebagai pompa benam atau pompa celup ini akan ditandai dengan semakin menurunnya debit fluida yang dikeluarkan dan pada akhirnya pompa akan benar-beanr tidak berfungsi. Sebenarnya, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah pada pompa benam ini?

Jika pompa submersible tidak lagi bisa difungsikan, ada baiknya kita mulai mengecek bagian kapasitornya. Bagian ini biasanya yang menjadi paling pertama mengalami kerusakan dan bisa membuat pompa mati total. Jika memang kapasitor rusak, segeralah ganti kapasitor dengan yang baru agar pompa bisa berfungsi kembali.

Setelah mengecek kapasitor pada pompa submersible, kita juga bisa mengecek arus yang ada pada kabel power, khususnya saat pompa ini dioperasikan. Arus yang lebih tinggi dari 10 Ampere biasanya akan menjadi tanda bahwa pompa bekerja dengan beban yang sangat berlebihan karena fluida lebih berat atau lebih keras dibandingkan dengan kekuatan pompa. Sebagai contoh, pompa air harus bekerja lebih keras karena harus memompa endapan tanah atau lumpur. Selain itu, ada juga kemungkinan lilitan pada kumparan stator memiliki masalah dan harus segera diperbaiki.

Ada kemungkinan juga motor dari pompa benam ini bermasalah sehingga ada baiknya pompa ini diangkat terlebih dahulu ke permukaan untuk diperiksa. Selain motor, periksa pula bagiam impeller karena alih-alih rusak, seringkali pompa yang dimasuki benda asing menjadi penyebab pompa ini rusak dan hanya membutuhkan pembersihan saja. Andai ternyata tidak bisa beroperasi lagi dengan lancar, ada baiknya kita panggil orang yang sudah ahli untuk memperbaiki pompa sehingga pompa pun bisa diperbaiki seperti sedia kala.

Loading...