Apa Sih Fungsi Dari Inverter Sebenarnya?

Motive Neo WiFi Inverter

Dunia elektronika dan kelistrikan mengenal beberapa jenis komponen dan peralatan yang unik, salah satunya adalah inverter. Peralatan ini sendiri kini cukup mudah ditemui di berbagai tempat industri atau bahkan di dunia perkantoran. Memang, banyak orang yang mengeluhkan harga peralatan ini yang masih tergolong cukup mahal. Namun, percayalah, penggunaan peralatan elektronik modern ini akan sangat baik dalam memangkas biaya produksi dengan signifikan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Inverter bisa dijelaskan sebagai sebuah peralatan yag memiliki kemampuan untuk mengubah arus dari yang semula adalah arus AC atau arus bolak-balik menjadi arus DC atau yang juga dikenal sebagai arus searah. Biasanya peralatan inidipakai untuk memberikan suplai arus DC yang dibutuhkan oleh dinamo motor. Namun, fungsi dari peralatan ini juga bisa dipakai untuk sebaliknya, yakni mengubah arus DC ini untuk mendapatkan arus AC kembali sesuai dengan kebutuhan kita.

Tak hanya tentang pengubahan arus listrik, inverter ternyata juga akan sangat berguna dalam hal stabilisasi tegangan output. Dengan memakai peralatan elektronik modern inii, tegangan yang dihasilkan akan cenderung dalam kondisi yang stabil dan tidak berubah-ubah. Apakah fungsi ini mirip dengan stabilizer? Ternyata berbeda. Jika stabilizer hanya menstabilkan arus listrik saja tanpa mampu mengubah tegangan, hal yang berbeda bisa dilakukan oleh peralatan elektronik modern ini karena mampu mengubah pula tegangan listrik.

Penggunaan peralatan ini pada dunia industri atau perkantoran kerap kali terjadi pada AC otomasis atau bahkan trafo step up dan juga step down. Banyak motor-motor di mesin industri juga memakai peralatan ini untuk memastikan supply tegangan tetap lancar sehingga proses produksi pun tidak akan mengalami gangguan berarti dan berjalan dengan semestinya.

Loading...