Apa Sajakah Jenis Pompa yang Banyak Dipakai Dalam Dunia Irigasi?

motive neo solar system

Pompa-pompa yang disediakan oleh vansan Indonesia  tidak hanya dipakai untuk kebutuhan rumah tangga atau kebutuhan industry saja. Berbagai kebutuhan lain, layaknya di bidang pertanian, juga membutuhkan pompa sebagai penyalur air yang tentu akan berpengaruh besar pada kesuksesan panen/ Sebagai contoh, ada banyak sekali jenis pompa air yang dipakai dalam sistem irigasi dalam dunia pertanian. Apa sajakah jenis pompa yang dipakai untuk kebutuhan irigasi?

Pompa Air Dengan Tenaga Listrik

Cukup banyak jenis pompa air dari vansan Indonesia yang memakai tenaga listrik namun digunakan dalam dunia irigasi. Mengingat kebutuhan sumber energinya dari listrik, mau tidak mau pompa ini tentu akan membutuhkan pasokan listrik PLN. Biasanya, penggunaan pompa ini juga akan membutuhkan semacam gardu khusus yang bisa membuat pompa dan sumber listrik terlindungi dari air hujan yang bsia membuat konsleting listrik. Memang, pompa ini bisa memakai genset, namun ada resiko konsleting dengan memakainya.

Pompa Air Dengan Tenaga Diesel

Pompa air dari vansan Indonesia yang memakai tenaga diesel sangatlah cocok untuk kebutuhan pertanian kita. Banyak area pertanian yang jauh dari sumber listrik sehingga tentu akan lebih baik memakai sumber energy dari solar yang tentu akan lebih mudah didapatkan. Sayangnya, bagi area persawahan yang miring atau jauh dari jalan, pompa ini akan sulit untuk digunakan. Selain untuk area persawahan, pompa ini banyak digunakan untuk area tambak.

Pompa Air Dengan Tenaga Surya

Indonesia kaya akan cahaya matahari sehingga pompa air yang memakai solar sel akan menjadi pilihan yang bijak bagi kebutuhan irigasi pertanian. Kelebihan dari pompa ini adalah hemat sekalius lebih efisien. Pompa ini juga cenderung cukup fleksibel dan mudah didesain. Sayangnya, konstruksi pompa solar cell cenderung masih berharga mahal sehingga tidak mudah didapatkan oleh segala kalangan petani.

Loading...